International Seminar on MSIG Indonesia Insurance PT 2017

seminar msig

29 May, 2017 | News

By admin, Department of Management

International Seminar PT. Asuransi MSIG Indonesia 2017 merupakan project antara PT. Asuransi MSIG Indonesia dengan Himpunan Profesi Manajemen FEM IPB yaitu Centre of Management (COM@) yang sudah berjalan selama delapan tahun. Tujuan dari acara ini ialah untuk memberikan kesempatan kepada khalayak luas untuk lebih mengenal PT. Asuransi MSIG Indonesia, menciptakan kegiatan yang dapat memberikan pengetahuan lebih dalam mengenai The Role and Implementation of Actuary in Financial Institution, mengetahui mengenai strategi investasi yang berada di PT. Asuransi MSIG Indonesia menghadapi regulasi OJK, juga strategi PT. Asuransi MSIG Indonesia dalam melindungi reputasi perusahaannya.
Acara ini berlangsung pada hari Selasa, 9 Mei 2017 yang bertempat di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Peserta terdiri dari mahasiswa/i IPB maupun luar IPB (D3, S1, dan S2) serta dosen Departemen Manajemen IPB. Jumlah yang hadir pada acara ini ialah sebanyak 400 peserta. Acara ini berlangsung mulai dari pukul 08.15 s.d. 12.30 WIB dengan menggunakan dua Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dikedua sesinya.

Seminar kali ini diawali oleh tari tradisional (Tari Sulawesi) dari COAST Tari Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, lalu opening MC oleh Axel Nathaniel (Mahasiswa Manajemen 52) dan Dhia Uthamie (Mahasiswi Manajemen 52). Dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Departemen Manajemen IPB, Ibu Wita Juwita Ermawati, S.TP. MM, dan sambutan dari Mr. Shiro Ozawa selaku Presiden Direktur PT. Asuransi MSIG Indonesia.
Pada tahun ini, International Seminar PT. Asuransi MSIG Indonesia mengangkat tema “The Role and Implementation of Actuary in Financial Institution”. Yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menuangkan pemikirannya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan alokasi dan kondisi dalam bidang keuangan di tengah persaingan bisnis asuransi. Seminar ini dibagi dua sesi, sesi pertama bertemakan “Insurance Product and Manpower Planning Actuary Profession in Indonesia”. Pada sesi ini, acara berjalan selama 80 menit termasuk sesi tanya jawab dengan moderator Ibu Rindang Matoati,SE,M.Sc, yang merupakan dosen Departemen Manajemen IPB, dan pembicara yaitu Mr. Dedi Damhudi, Business Development General Manager dan Mr. Toga Sinaga, Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan IKNB.
Sesi pertama dibagi menjadi dua, yang pertama dengan pembicara Mr. Dedi Damhudi, setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan piagam yang diberikan oleh pihak Departemen Manajemen IPB yang diwakili oleh Sekretaris Departemen Manajemen, Ibu Wita Juwita Ermawati, S.TP. MM kepada pihak PT. Asuransi MSIG Indonesia dan foto bersama. Setelah itu, dilanjutkan dengan refreshment yaitu penampilan COAST Seni Akustik Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB untuk memeriahkan acara. COAST Akustik pada kali ini mempersembahkan dua lagu, yaitu “City of Stars” dan “Someone Like You”. Lalu sesi pertama dilanjutkan dengan pembicara Mr. Togar Sinaga, setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan piagam yang diberikan oleh pihak Departemen Manajemen IPB yang diwakili oleh Dr. Ir. Ma’mun Sarma, MS,M.Ec kepada pihak PT. Asuransi MSIG Indonesia serta penyerahan piagam oleh pihak Departemen Manajemen IPB kepada moderator yang diserahkan oleh Presiden Direktur COM@, Rani Dwifentary dan dilanjutkan dengan foto bersama.
Sesi kedua bertemakan “The Role and Implementation of Actuary in Financial Institution” yang berlangsung selama 65 menit termasuk sesi tanya jawab dengan moderator Ibu Rindah Febriana Suryawati,SE,M.Acc,Ak,CA selaku dosen Departemen Manajemen IPB, dan Ms. Felicia, Assistant Vice President, Actuarial, Risk Management and Technical Service Department, MSIG Holdings (Asia) Pte Ltd, Singapore.
Setelah sesi kedua selesai, dilanjutkan dengan pemberian sertifikat serta souvenir dari Departemen Manajemen IPB kepada PT. Asuransi MSIG Indonesia yang diwakilkan oleh Ibu Wita Juwita Ermawati, S.TP. MM, kemudian pemberian plakat dan souvenir PT. Asuransi MSIG Indonesia yang diberikan oleh Mr. Shiro Ozawa kepada Ms. Felicia selaku pembicara. Kemudian pemberian sertifikat kepada moderator, Ibu Rindah Febriana Suryawati,SE,M.Acc,Ak,CA dari Departemen Manajemen IPB yang diwakilkan oleh Putri Nouviyanti selaku Ketua Pelaksana. Kemudian pemberian souvenir yang diberikan oleh PT. Asuransi MSIG Indonesia untuk moderator Departemen Manajemen IPB yang diwakilkan oleh Ibu Rindang Matoati,SE,M.Sc. serta pemberian plakat dari Departemen Manajemen IPB Dr. Ir. Ma’mun Sarma, MS,M.Ec kepada pihak PT. Asuransi MSIG Indonesia, Mr. Shiro Ozawa. Kemudian pemberian plakat dari PT. Asuransi MSIG Indonesia, Mr. Shiro Ozawa kepada Departemen Manajemen yang diwakilkan oleh Dr. Ir. Ma’mun Sarma,MS,M.Ec. Dan diakhiri dengan sesi foto bersama.
Tak lupa juga ada pembagian doorprize yang diberikan oleh perwakilan Centre of Management (COM@) yaitu Putri Nouviyanti selaku ketua pelaksana acara ini. Acara ini berjalan dengan lancar dan meriah. Setelah seminar selesai, dilakukan sesi foto serta makan siang bersama.
Harapannya, mahasiswa lebih mengenal apa itu PT. Asuransi MSIG Indonesia dan mengetahui beberapa bagian keuangan dari PT. Asuransi MSIG Indonesia, serta bagaimana perkembangan bidang aktuaria di dunia, dan kedepannya PT. Asuransi MSIG Indonesia tetap bekerja sama dengan departemen Manajemen IPB bukan hanya dari segi pelaksanaan seminar international, namun internship di perusahaan dan hubungan baik lainnya.

Kategori: 
Manajemen